Siapa penemu teori relativitas??

yah, jadi posting lagi deh

padahal tadi mau tidur. karena kadang-kadang ane insomnia, gini nih jadinya

duh, jadi curhat

huhuhu

okee, back to our main topic, teori relativitas!

Mungkin untuk temen-temen pembaca yang sudah pernah belajar teori relativitas, akan menjawab ‘Einstein’.

Bukan. Bukan Einstein. Sekali lagi, bukan.

hehehe

Teori relativitas pertama kali diungkapkan Galileo Galilei dalam karyanya ‘Dialogue concerning the World’s Two Chief Systems’ pada tahun 1632.

Untuk memahami relativitas kita perlu memahami ‘diam absolut’ (absolute rest) yang di ungkapkan oleh Aristoteles pada abad keempat SM. Teori ini menyatakan bahwa diam adalah kondisi wajar yang di alami benda apapun dan bahwa sebuah benda akan kembali pada kondisi ini jika dibiarkan sendiri.

Teori relativitas mengungkapkan bahwa semua benda bersifat relatif terhadap gerakan satu sama lain, dan bahwa untuk mendefinisikannya sebagai “sedang diam” hanyalah masalah kesepakatan. Dari sini terungkap bahwa kecepatan sebuah benda tidak dapat dinyatakan secara absolut ;hanya “relatif” terhadap sesuatu yang lain.

Galileo, astronom dan filosof asal Italia, juga salah satu penemu fisika modern. Dia terutama terkenal karena dukungannya terhadap teori “Copernicus” (atau Aristarchus,yang jauh lebih dahuli mengemukakannya, tapi ia tidak di perhatikan), bahwa bumi mengelilingi matahari. Meskipun benar dalam hal ini, Galileo memiliki beberapa kesalahan. Dan dalam teori relativitasnya, ia juga memiliki kesalahan, sehingga, Albert Einstein, yang menyadari Galileo membuat kesalahan (atau lebih mungkin teori tersebut gagal dalam kondisi-kondisi khusus), menerbitkan karyanya, “On the Electrodynamics of Moving Bodies”(1905) ,dimana karyanya tersebut adalah tulisan pertama yang membicarakan Teori Relativitas Khusus, yang menjelaskan sifat-sifat aneh partikel-partikel yang bergerak mendekati kecepatan cahaya dalam ruang hampa udara.

Teori Relativitas Umum, yang menerapkan teori khusus tersebut terhadap fenomena skala-besar seperti gravitasi, dipublikasikan sepuluh tahun kemudian pada tahun 1915.

cukup deh

sekarang ngerti kan??

yang pertama kali menemukannya Galileo, bukan Einstein.Bukan. Sekali lagi bukan.

hehehe

hoamm

padahal posting kali ini cuma buat ngurangin ngantuk, eh gak taunya malah ngantuk beneran.

huhuhu

udah dulu ah

good nite, readers

off to bedroom(kali ini bener,serius dah.hhe)

see ya in da next post!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: